Jumat, 06 Mei 2011

The Secret Garden (Sebuah Novel Klasih oleh Frances Hodgson Burnett)



Novel yang satu ini bagus banget lho. A must-read-novel. Pesan Amanatnya bisa kita ambil :)

Oke, tokoh utama dari novel ini yaitu Mary Lennox, si gadis manja dan keras kepala yang tinggal di India dan hidup dengan dilayani oleh para pelayannya, dan orangtuanya sangat kurang memberi perhatian padanya.

Suatu hari, di India terkena wabah kolera yang mengakibatkan ratusan jiwa melayang, termasuk Ayah ('Ayah' disini bukan 'Bapak' melainkan 'Pelayan') dan Ibunya. Dan Mary sendiri tidak tahu kalau Ibunya sudah meninggal karena dia selalu dikamar dan tidak peduli dengan dunia luar.

Mary baru tahu kalau Ibunya sudah meninggal ketika teman laki-laki Ibunya menemukan Mary sendirian dikamar di rumah yang sudah sepi dan terlihat angker. Teman laki-laki Ibunya itu membawa Mary ke sebuah panti asuhan, disana ia bertemu dengan beberapa anak yang sebaya dengannya, tetapi ia bersikap sangat galak dan akhirnya Mary mendapat julukan 'Mistress Mary yang galak'

Akhirya, karena wabah kolera mulai menyebar kemana-mana, Mary dipindahkan ke Inggris ke rumah pamannya 'Mr. Archibald Craven' yang mempunyai 100 kamar dan disebut Misselthwaite Manor. Karena Mary sudah terbiasa dilayani di India, maka di Misselthwaite Manor, ia harus belajar mandiri.

Ia bertemu seorang pelayan yang menurutnya aneh dan tidak seperti pelayan-pelayan di India yang tidak suka membantah omongan majikannya, Martha. Akan tetapi dengan berjalannya waktu, Mary mulai suka dengan pelayan yang bernama Martha itu. Suatu hari, Martha bercerita tentang adanya taman rahasia di kebun rumah ini yang sudah 10 tahun tidak terbuka itu. Ternyata taman rahasia itu adalah milik isteri sang paman, Mr. Craven yang sudah meninggal, Lily. Ketika Lily meninggal, ia langsung mengunci taman itu dan mengubur kuncinya entah dimana.

Suatu hari, saat Mary mencoba untuk bermain keluar rumah, Mary bertemu dengan Ben, pekebun yang bekerja di Misselthweite Manor, yang berteman dengan burung Robin merah yang ditemuinya saat ia menyelusuri kebun-kebun di Misselthwaite Manor satu per satu. Mary menemukan burung robin merah ini sedang bertengger di sebuah pohon yang berada ditaman satunya lagi yang tidak mempunyai pintu. Mary yakin kalau disitulah Taman Rahasianya.

Akhirnya, Mary menemukan kunci dan masuk ke taman rahasia itu dengan petunjuk si burung Robin merah..

Dan ternyata, Taman rahasia itu..........

Mau tau kelanjutannya? baca sendiri aja ya, capek ngetiknya haha.

P.s. "Sungguh menyenangkan membaca mengenai anak-anak yang karena cinta nya yang masih polos dan tidak berdosa, dapat berubah dari yang murung dan manja, menjadi anak-anak yang berani dan sehat! Dan Itu semua berkat bermain, berimajinasi dan mempercayai segala hal yang baik tentang kehidupan. Transformasi anak-anak ini digambarkan dengan sangat baik, natural dan tidak mengada - ada." - A Blogger.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar